Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengadakan pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2018 di ICE-BSD Tangerang, Banten, pada 6-7 Juli 2018.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Jalan BSD Grand Boulevard Raya, BSD City, Tangerang, Jumat 6 Juli 2018, pagi.

Saat ini tercatat ada 416 Pemerintah Kabupaten di Indonesia yang aktif dibawah naungan Apkasi. Struktur organisasinya sendiri saat ini diketuai oleh Mardani H Maming yang merupakan Bupati Tanah Bumbu.

Sesuai dasar pembentukannya, Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi Pemerintah Kabupaten dengan pemerintah pusat serta instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah.

Rakernas sendiri akan dikemas dalam bentuk “Apkasi Otonomi Expo 2018 : Trade, Tourism and Investment”. Kegiatan itu akan berlangsung hingga tanggal 8 Juli 2018, acara pameran produk unggulan daerah yang mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah dalam Merebut Pasar Global” ini diikuti 416 kabupaten seluruh Indonesia dan ditargetkan dihadiri oleh lebih dari 10.000 pengunjung potensial yang berasal dari kalangan pelaku usaha dan investor dalam dan luar negeri.

Ketua Apkasi sekaligus Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming mengatakan “Suksesnya kegiatan ini tidak bisa diukur dari banyaknya partisipasi masyarakat yang datang. Tapi keterlibatan media untuk mempromosikan kepada masyarakat luas,” ujar Mardani.

AOE 2018 diikuti oleh pemerintah kabupaten, kota, provinsi, kementerian, lembaga negara non-kementerian, BUMN, perusahaan swasta nasional dan multinasional, atase perdagangan luar negeri, serta para pelaku usaha dan industri kecil menengah. AOE ke-18 ini sekaligus dapat menjadi sarana strategis bagi para peserta untuk mendapatkan akses perdagangan dan investasi yang lebih luas.