Penyelenggaraan Pawai Seni Budaya Kreatif HUT Kota Amlapura Tahun 2018 diharapkan mampu menjaga dan melestarikan potensi seni budaya serta memotivasi semangat budaya di kalangan generasi penerus bangsa, untuk menjaga kedaulatan bangsa. Pawai Seni Budaya merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan setiap event, HUT Kota Amlapura dengan menampilkan keanekaragaman seni budaya dalam bentuk Arak-arakan atau Pawai, yang didukung oleh potensi Seniman-seniwati daerah dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Karangasem. Kegiatan yang secara konsisten dilaksanakan dalam rangka turut memperingati ke- 378 HUT Kota Amlapura.

Materi Pawai Budaya menampilkan bentuk Arak-arakan dalam satu kesatuan Ragam Seni Budaya Daerah tentang Upacara, Adat, Hubungan kemasyarakatan dan atau Religi yang mencerminkan ciri khas tradisi daerah setempat yang merupakan element nilai nilai eksistensi Tri Hita Karana dan semangat Karangasem sebagai spiritnya Bali.
Jumlah pendukung dari tiap kecamatan adalah 150 sampai 200 orang
Pawai budaya HUT Kota Amlapura ke-378 Tahun 2018 akan didahului oleh penampilan dari Marching Band SMA Negeri 2 Amlapura dan selanjutnya diikuti oleh peserta pawai budaya dari 8 (Delapan) Kecamatan se-Kabupaten Karangasem dengan rincian urutan pawai sebagai berikut :

1. Marching Band Sangkakala Widya Loka SMAN 2 Amlapura

2. Kontingen Kecamatan Kubu

3. Kontingan Kecamatan Rendang

4. Kontingen Kecamatan Sidemen

5. Kontingen Kecamatan Selat

6. Kontingen Kecamatan Manggis

7. Kontingen Kecamatan Abang

8. Kontingen Kecamatan Bebandem

9. Kontingen Kecamatan Karangasem

Penampilan peserta pawai budaya dari tiap kecamatan akan diamati dan dinilai oleh 3 (tiga) orang juri yang berasal dari institusi terkait dan budayawan Penampilan peserta pawai akan dinilai berdasarkan kriteria yang telah disepakati bersama berdasarkan Technical Meeting yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selanjutnya akan diberikan penghargaan penata gerak terbaik, penata musik/iringan terbaik, penata busana dan rias terbaik, dan 5 (lima) penyaji unggulan