Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam untuk memberikan pengetahuan bagi pemandu wisata menyelam bagi 40 orang pelaku usaha wisata tirta selam (dive operator). Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Karangasem, I Wayan Astika di Puri Mahda Dive Tulamben, Kec. Kubu. Untuk kegiatan ini, Dispar Karangasem mendatangkan para instruktur selam dari Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI) , Perkumpulan Penyelam Profesional Bali (P3B) dan dari unsur Pejabat Tingkat Pemerintahan Kabupaten setara Eselon II.
Kepala Dinas Pariwisata Kab. Karangasem I Wayan Astika mengatakan, kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Selam melalui Kegiatan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Kapasitas Pelaku Usaha Kepariwisataan Tahun 2019, akan diisi dengan materi / modul bahan pembelajaran / pelatihan yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI). Hal ini guna memberi gambaran dan pedoman yang jelas dan sistematis tentang persyaratan minimal dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi di bidang pemandu wisata selam.
Materi / modul yang disiapkan oleh instruktur / narasumber / ahli, dapat menjadi pegangan / handout yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan kembali sebagai panduan / pedoman dalam menjalankan aktivitas usaha pariwisata masing- masing peserta.
Adapun lingkup materi pelatihan meliputi, kebijakan pengembangan kepariwisataan daerah. Sinergi kemitraan antara Pemda-Industri Pariwisata (usaha wisata selam)dan SDM pemandu. Strategi penguatan kapasitas pemandu wisata selam di Kabupaten Karangasem. Kompetensi umum, terdiri dari , keterampilan dasar selam, dasar-dasar rescue / P3K dan CPR,kemampuan penyelamatan ,mengatur kegiatan penyelaman, menjalankan prosedur keadaan darurat pada aktifitas penyelaman,melakukan penyelaman orientasi,melakukan fungsi administrasi penyelaman serta menangani keluhan dan melaporkan kegiatan penyelaman.

#Disparkarangasem #karangasemthespiritofbali  #pesonaindonesia