Project Description

Kabupaten Karangasem atau wilayah Bali Timur menawarkan banyak keindahan alam tersembunyi yang masih jarang diketahui orang, wilayah geografisnya yang berbukit berpeluang untuk disuguhkannya panorama alam cantik dari kawasan puncak bukit, seperti halnya Bukit Pemukuran yang terletak di desa Sibetan ini, tampil dengan nuansa alam yang berbeda ketika anda berada di Kabupaten Karangasem. Kawasan yang lebih dikenal dengan bukit tandus tersebut akan terasa berbeda ketika anda di Bukit Pemukuran , suasana alam yang sejuk dan hijau tampil cantik seolah membantah kalau Bumi Lahar Karangasem ini kering dan tandus.

Memang wilayah Kabupaten Karangasem cukup luas, wilayahnya berbatasan dengan laut dan terdiri dari perbukitan, sehingga tidak mengherankan selain menawarkan objek wisata alam pantai, Karangasem juga menawarkan keindahan alam dari puncak bukit dan gunung. Selain Pemukuran Hill yang sekarang menjadi tujuan wisata baru di Kawasan Bali Timur ada sejumlah objek wisata bukit lainnya seperti Bukit Putung yang terletak sekitar 18 menit berkendara dari Pemuteran Hill, ada bukit Cemara, Bukit Surga (Nampo), Bukit Lempuyang, Bukit Guungan, Bukit Mencol dan Bukit Ceeng.

Jadi wilayah Bali Timur ini sangat ideal sekali bagi mereka yang suka dengan wisata alam pegunungan, sangat tepat sekali jika anda jenuh dengan wisata alam pantai, maka alam pegunungan seperti Pemukuran Hill ini akan menjadi tujuan wisata yang ideal. Suasana alamnya sekilas seperti pesona yang ditawarkan oleh Bukit Putung, Pemukuran Hill ini menyuguhkan keindahan bukit berpadu dengan lembah-lembah cantik dan hamparan laut biru Teluk Amuk, suasana alam yang tenang dan sejuk akan menjadi suguhan istimewa ketika anda berada di Pemukuran Hill.

Objek wisata Pemukuran Hill, selain sebagai tempat bersantai dan istirahat sambil menikmati panorama alam, juga ideal untuk wisata foto selfie, dengan latar belakang alam instagramable akan menghasilkan gambar cantik dan menawan, lokasinya di ketinggian, sehingga terkadang di tempat ini juga turun kabut, sehingga seolah berada di atas awan. Memang Pemukuran Hill ini belum begitu populer dan belum menjadi tujuan tour wajib di bagi wisatawan, pengunjung masih didominasi oleh warga lokal. Namun demikian objek wisata ini menjadi tujuan rekomendasi anda berikutnya, apalagi jika anda ingin merasakan alam yang berbeda.

Pemukuran Hill, lokasinya sangat mudah untuk di akses, berada di pinggir jalan raya desa yang bisa dijangkau dengan sepeda motor dan mobil. Tidak perlu trekking mendaki untuk menemukan keindahan tersebut. Jika anda berada di luar wilayah desa Sibetan, ada 4 jalur untuk menuju Pemukuran Hill, jika anda dari arah Denpasar bisa ambil rute dengan tujuan ke Besakih, jika dari kota Amlapura (Karangasem) melalui tujuan ke Bebandem, jika dari Klungkung bisa lewat jalur Sidemen dan manggis bisa lewat Bukit Putung.

Pemukuran Hill terletak di Banjar Pemukuran, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali. dari peta wisata objek wisata ini terletak di kawasan Bali Timur. Desa Sibetan sendiri terkenal dengan agrowisata salak paling populer di Bali, sehingga jika anda melalui jalan-jalan pedesaan di Sibetan ini, di kiri-kanan jalan dipenuhi dengan kebun salak. Alamnya sejuk dan hijau, jauh dari keramaian sehingga terasa tenang, jika anda jenuh dengan hiruk pikuk kota dan ingin melepaskan penat, maka atur liburan anda untuk menikmati alam pedesaan yang cantik ini. Untuk alamat dan peta lokasi cek di google maps.

Photo By : DisparKarangasem

Sumber : balitoursclub

Temukan dalam Peta

Dapatkan arah petunjuk untuk menemukan lokasi wisata dalam peta