Project Description

Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jalan Raya Duda Timur, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesi. Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Karangasem tidak mengunjungi Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Agrowisata Abian Salak di kota Karangasem.

Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Karangasem juga terkenal akan Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sibetan adalah nama sebuah desa di Kecamatan Bebandem yang memiliki potensi alam pertanian khas di Kabupaten Karangasem yang terkenal dengan tanaman salak. Hampir seluruh penduduk di desa ini menjadi petani salak yang tersebar merata di sisi kanan dan kiri sepanjang jalan desa dan jalan raya utama. Buah salak yang dihasilkan oleh desa ini sangat terkenal sebagai salak Bali yang memiliki citarasa tersendiri dan berbeda dari buah sejenis dari daerah lain di Indonesia.

Oleh karena itulah maka desa ini dikembangkan sebagai obyek agrowisata tanaman salak. Hawa yang sejuk memberikan nilai tambah bagi keberadaan obyek ini dimana pengelolaannya dilakukan oleh warga setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata Dukuh Lestari. Terdapat 15 jenis varietas salak yang tumbuh di Desa Sibetan, beberapa di antaranya merupakan produk unggul, seperti salak nenas dan salak gula pasir yang rasanya sangat manis, segar serta daging buah yang tebal.

Masa panen raya Salak Bali yang jatuh pada Bulan Desember – Pebruari membuat produksi salak melimpah sehingga masyarakat setempat mengembangkan produk olahan buah salak menjadi beraneka ragam jenis, seperti wine, dodol, kripik, syrup, dan manisan. Obyek agrowisata ini banyak dikunjungi dan mendapat perhatian dari para peneliti dan mahasiswa.

Jejeran pohon salak sepanjang jalan desayang ditata rapi menjadi daya tarik agrowisata salak Sibetan. Saat ini telah dilakukan regenerasi tanaman salak dari berbagai jenis yang dikemas dalam paket-paket kebun salak untuk memudahkan pengunjung mengenal varietasnya.

Fasilitas

Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Rumah Makan

– Kamar mandi / MCK

– Tempat Istirahat

– Penginapan

– dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Karangasem sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Karangasem saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di Kecamatan Bebandam. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Sibetan hingga sampai di lokasi Agrowisata Abian Salak di Sibetan tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Agrowisata Abian Salak di Sibetan Karangasem Bali, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkanseperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Photo By : DisparKarangasem

Sumber : ihategreenjello

Temukan dalam Peta

Dapatkan arah petunjuk untuk menemukan lokasi wisata dalam peta