Project Description

Bali adalah pulau kecil yang menawarkan banyak objek wisata cantik, tidak hanya keindahan pantainya saja tetapi juga wilayah pegunungan yang menjadi tujuan mereka yang suka wisata petualangan sebuah tujuan pendakian yang menarik. Sebelum Gunung Agung erupsi, tempat tersebut menjadi tujuan wisata alam mendaki yang populer, kemudian ada sejumlah gunung lainnya yang bisa menjadi tujuan mendaki selanjutnya seperti Gunung Batur, Gunung Batukaru ada juga Gunung Agung, Catur, Mangu, Sanghyang dan banyak lagi lainnya termasuk juga Gunungt Lempuyang.

Nama Lempuyang tentunya tidak asing bagi anda, terutama keberadaan Pura Penataran Agung Lempuyang yang terletak di lereng Gunung Lempuyang yang sekarang menjadi tujuan wisata hits dan populer di Kabupaten Karangasem, kawasan Bali Timur. Pura Penataran Agung Lempuyang termasuk dalam komplek pura yang berada di Gunung Lempuyang, jika anda mendaki menuju puncak Bukit Lempuyang melalui desa Purwayu di Kecamatan Abang, Karangasem, maka anda akan bertemu dengan pura tersebut yang menjadi spot trend sekarang ini, lokasi pura Penataran Agung ini berdekatan dengan parkir, sehingga hanya butuh beberapa menit berjalan kaki.

Dari Pura Penataran Agung Lempuyang ini anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam, termasuk kemegahan Gunung Agung terlihat sempurna dari kawasan ini. Selain akses dari Purwayu menuju puncak Gunung Lempuyang ada juga akses dari tempat lainnya, yaitu melalui Banjar Batu Gunung desa Bukit, kemudian dari Banjar Gamongan dan terakhir dari Banjar Jumenang. Tapi pendakian yang populer adalah dari desa Purwayu, yang mana pendaki bisa melewati tangga demi tangga yang sudah disediakan dengan baik, jumlah tangga tersebut sekitar 1.750 anak tangga, bagi mereka yang sudah terbiasa berpetualang mendaki, mungkin tidak akan terlalu berat, tetapi bagi mereka pemula, perlu siapkan stamina dengan baik.

Gunung Lempuyang atau disebut juga puncak Bukit Bisbis, terletak di kabupaten Karangasem, di puncak gunung terdapat sebuah pura yang menjadi tempat pemujaan agama Hindu, pura tersebut adalah Pura Lempuyang Luhur. Keberadaan pura ini diperkirakan sudah ada sebelum pengaruh Hindu-Budha di Bali, sehingga menjadi salah satu pura tertua di Bali. Tempat suci ini memiliki posisi penting untuk pura-pura yang ada di Bali, Pura luhur Lempuyang disebut juga sebagai bagian dari Catur Loka Pala atau 4 pura sebagai pelindung yang menjaga rasa aman dan nyaman, bagian pura tersebut adalah Pura Luhur Lempuyang di Sisi Timur, Pura Luhur Batukaru sisi Barat, Pura Puncak Mangu sisi Utara dan Pura Andakasa pada sisi Selatan. Pura Luhur Lempuyang juga menjadi bagian dari Sad Kahyangan Jagat atau 6 tempat suci sebagai pilar pulau Bali.

Fungsi penting Pura Luhur Lempuyang bagi umat Hindu yang terletak di puncak Bukit Bisbis tersebut, membuat tempat ini sering dikunjungi warga Hindu untuk bersembahyang, termasuk juga mereka yang ingin memohon air suci (tirta) ataupun dalam prosesi upacara Meajar-ajar. Sehingga tidak mengherankan jika anda anda mendaki ke Gunung Lempuyang sering bertemu dengan warga Hindu untuk melakukan persembahyangan. Jalur pendakian dari pura Penataran Agung Lempuyang, sangat mudah hanya karena hanya mengikuti dan menapaki tangga demi tangga menuju puncak.

Mendaki ke Gunung Lempuyang sangat mudah, hanya butuh stamima yang fit, anda tidak perlu guide atau pemandu jika mendaki, berbeda halnya jika anda mendaki ke Gunung Batur, Gunung Agung ataupun Batukaru, anda butuh seorang guide, kalau tidak anda bisa tersesat. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendaki Gunung Lempuyang seperti larangan dan pantangan berkata-kata kasar, perempuan haid tidak boleh mendaki karena gunung ini merupakan kawasan suci, dan gunakanlah kamben (kain) jika anda masuk ke areal utama pura.

Sepanjang perjalanan mengikuti anak tangga menuju puncak, anda memasuki kawasan hutan yang rimbun dan sejuk, sehingga tidak terlalu banyak pemandangan alam yang bisa anda nikmati sepanjang perjalanan, ditemani suara burung, sesekali monyet penghuni hutan terlihat bercanda dan bergelantungan di ranting pohon, menjadi sebuah petualangan alam liar yang menyenangkan, pendakian menuju Gunung Lempuyang tidak hanya ideal bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak karena tidak banyak tantangan pendakian, hanya jalan yang menanjak, bisa mengenalkan mereka lebih dekat dengan alam dan memberikan pengalaman wisata yang menarik.

Gunung Lempuyang memiliki ketinggian 1.174 meter dari permukaan laut, lokasinya berada di sebelah Barat Gunung Seraya, sehingga posisi keduanya berjejer, kedua gung tersebut dikenal juga sebagai Gunung Kembar, melambangkan sifat rwa bhineda, yang mana Gunung Lempuyang melambangkan Pradana dan Gunung Seraya melambangkan Purusa, diwujudkan dalam bentuk padma kembar, di Gunung Seraya sendiri terdapat pura yang bernama Pura Bhur, Bwah dan Swah, di bawah pura tersebut ada sumber 5 mata air yang dikenal dengan Tirta Panca Dewata

Photo By : DisparKarangasem

Sumber : BaliToursclub

Jl. Pura Lempuyang Luhur, Tri Buana, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852

Jl. Pura Lempuyang Luhur, Tri Buana, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852