Project Description

Pulau Bali memang terkenal dengan pantainya yang beragam. Meski terkenal dengan pantainya, Bali bagian Timur ternyata juga memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Amed, yang menawarkan suasana yang privat.

Foto Oleh Kadek Wigunantara Eka Putra

Objek wisata Amed berada di kawasan Bali Timur,  Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem dengan daya tarik utama keindahan pemandangan bawah lautnya. Bentangan pantai di Amed sejauh 14 kilometer, dan mencangkup 7 wilayah desa. Pasir pantai di Amed adalah pantai dengan pasir hitam. Aktivitas penduduk di Amed tidak seramai di kawasan wisata Kuta. Oleh karena itu, sebagian besar wisatawan yang berlibur ke daerah Amed adalah wisatawan yang mencari tempat liburan sepi dan santai.

Objek wisata Pantai Amed memiliki pantai dengan bentangan sangat panjang. Selain menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit. Perairan laut Amed pun memiliki keindahan biota bawah laut yang sangat terjaga. Namun biasanya sebagian besar wisatawan yang liburan ke Amed, justru tidak hanya menikmati keindahan pinggir pantainya, melainkan melakukan aktivitas snorkeling atau menyelam. Menariknya, ketika kita terus berjalan menyusuri Pantai Amed, kita akan sampai di Desa Jemeluk, yang memiliki kepingan-kepingan kecil taman coral yang sangat indah.

Banyak Spot Snorkeling

Kawasan Pantai Amed memang memiliki banyak lokasi snorkeling dan menyelam. Selain itu tempat snorkeling dan scuba diving di Amed memiliki banyak terumbu karang yang masih terjaga, dan lokasi terumbu karang jaraknya berdekatan dengan bibir pantai. Terumbu karang di Amed sangat terjaga, karena kesadaran penduduk lokal yang terus menjaga terumbu karang.
Sekitar 20 meter dari bibir Pantai Amed terdapat kerangka kapal patroli Jepang yang karam pada Perang Dunia II. Lokasi kapal karam inilah tempat snorkeling dan scuba diving favorit di Amed. Karena terdapat beraneka ragam kehidupan terumbu karang dan jumlah ikan yang banyak. Bahkan, kalau kita beruntung bisa bertemu penyu, ikan pari, dan hiu karang.

sumber : pesona.travel

Temukan dalam Peta

Dapatkan arah petunjuk untuk menemukan lokasi wisata dalam peta